STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEBERLANJUTAN VOLUME PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK OPPO

Authors

  • juli prastyorini stia dan manajemen kepelabuhan barunawati surabaya
  • Hwihanus Prodi Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Slamet Riyadi Prodi Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia

Keywords:

Strategi Bauran Pemasaran; Kualitas Pelayanan; dan Keberlanjutan Volume Pembelian

Abstract

Peran smartphone di era digitalisasi sangat memegang peranan penting, semua informasi ada dalam satu genggaman.Sehingga setiap perusahaan smartphone saling berkompetisi dalam meraih konsumen agar merek yang ditawarkan bisa menguasai pasar .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap Keberlanjutan Volume Pembelian smartphone merek OPPO. Alat analisis yang digunakan adalah mengunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan jumlah populasi seluruh pelanggan smartphone merek OPPO di Marina Plaza Surabaya sebesar 200 sampel. Jenis penelitian ini bersifat eksplanatori karena bertujuan menjelasakan hubungan sebab akibat antar variabel dengan menguji hipotesis. Pengaruh strategi bauran pemasaran artinya penerapan kualitas pelayanan sesuai kebutuhan pelanggan mampu menciptakan kepuasan sehingga pembelian bisa berkelanjutan. Dengan kata lain bisa diartikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan pelanggan maka semakin tinggi pula kepuasan pelanggan dalam membeli produk ,sehingga meningkatkan Keberlanjutan volume pembelian. Kualitas pelayanan mempengaruhi Keberlanjutan volume pembelian melalui strategi bauran pemasaran.Strategi bauran pemasaran mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap pembelian yang berkelanjutan, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi strategi bauran pemasaran maka pembelian produk akan semakin tinggi pula.

References

Aaker, David, Rajeev Batra, dan John Myers. Advertising Management. New Jersey: Prentice Hall International, 1996. Aaker, David (1991). Three Threats to Brand Relevance: Strategies That Work. Budi D. Soebakir (2018). Pengaruh brand, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pelanggan membeli di kedai kopi gudang imaji manado. Jurnal EMBA Vol.6.No.4. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/21910. Diakses pada tanggal 9 Juli 2020. Dewanty Putri Ramadhany,dkk(2021), Kualitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfamrt Sindulang Manado. Jurnal EMBA Vol. 9 No. 3 Juli 2021, Hal. 447 – 457. F Tjiptono. (2005) Pemasaran Jasa · : Bayu media ,Malang 2005. Hirschman, E. C., & Holbrook, M. B. (1982). Hedonic Consumption: Emerging Concepts, Methods and Proposition. Journal of Marketing, 46(3), 92–101. Jainudin, Lagutu (2019). Pengaruh citra perusahaan, kualitas pelayanan dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada PT. Matahari department store mantos. Jurnal EMBA Vol 7.No.1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22546/22237. Diakses pada 26 Juni 2020. Kotler, Philip dan Lane Kevin Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 edisi ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga. Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, PT. Indeks, Jakarta. Mongilala Priscilia Jacklin (2019). Pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap pembelian produk matahari department store mega mall manado. Jurnal EMBA Vol.7.No.1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22384/0. Diakses pada tanggal 9 Juli 2020. Rambat Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat. Rambat Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta. Soegoto, A.S. Herman Karamoy. (2020). Competitive Strategy Analysis to Increase Consumer Purchasing Decisions on Minimarket Business. Etikonomi,Vol. 19 (1) 2020. ISSN 1412-8969. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/etikonomi/article/view/14337. Soegoto A.S, D.S, Soegoto dan M.S. Pasha (2019). Empowerment Digital Strategies for Medium Small. Journal of Physics: Conference Series,1-9. Widyawati, N., & Damayanti, E. (2019). Harga, Promosi dan Keamanan Barang terhadap Volume Penjualan Jasa Forwarding. Book Chapter: Pendidikan, Bisnis, Dan Manajemen Menyongsong Era Society, 5, 563-580. Wijayanto, A., Winarni, E., & Mahmudah, D. S. (2021). Pengaruh Penerapan Akuntansi Lingkungan. Yos Soedarso Economics Journal, 3(1), 99-136. Setiawati, A. P., & Mahmudah, D. S. (2023). ANALISIS PENGARUH FAKTOR PERCEIVED USEFULLNESS, EASE OF USE DAN SIKAP TERHADAP NIAT PENGGUNAAN SOFTWARE ZAHIR ACCOUNTING. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(2), 38-44. Rochmatulaili, E., Suyanto, S., & Rahman, M. A. (2021). PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN UMKM FOOD COURT. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 3(1), 75-98. Rahman, M. A. (2023). PENGARUH KONFLIK KERJA, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan Di Universitas Yos Soedarso). Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(2), 13-37.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

juli prastyorini, Hwihanus, & Slamet Riyadi. (2023). STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEBERLANJUTAN VOLUME PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK OPPO . Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(3), 37–43. Retrieved from https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/view/yej5304

Issue

Section

Original Research