STRUKTUR HUBUNGAN FAKTOR – FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN PERILAKU PEMBELIAN SEBAGAI MEDIASI : STUDI KASUS PRODUK BURGER KING
Keywords:
Faktor Psikologis; Niat Pembelian; Perilaku Konsumen; Teori TAMAbstract
Seiring berkembangnya zaman, restoran cepat saji sangat diminati oleh berbagai kalangan khususnya di negara Indonesia. Burger King merupakan salah satu restoran cepat saji di Kota Surabaya yang sempat mengalami kebangkrutan akibat dari resesi pada tahun 1998 dan bangkit kembali pada tahun 2007 mampu bersaing dengan restoran cepat saji lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Precieved of Use, Trust, Preceived usefulness, Benefit, dan Risk terhadap purchase intention dengan variabel mediasi yaitu purchasing behavior pada restaurant cepat saji Burger King. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dimana penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dengan 100 responden dan teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) perceived usefulness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention, 2) benefit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention, 3) benefit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchasing behavior dan 4) risk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchasing behavior.References
Budiantara, M., Gunawan, H., & Utami, E. S. (2019). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust in Online Store, Perceived Risk Sebagai Pemicu Niat Beli Online pada Produk UMKM “Made In Indonesia” Melalui Penggunaan E-Commerce Marketplace. JRAMB, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UMB Yogyakarta Vol.5, No.1. Chauhan, Shumedha. (2015). Acceptance of mobile by poor citizens of India : Integrating trust into the technology acceptance model. Emerald Insight Vol. 17 Iss 3 pp. 58- 68: Institut Gugaon India. Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, vol. 13(3), 319 - 339. Dodds, W.B., Monroe K.B., Grewal, D., 1991. Effect of price, brand, and store information 9 on buyers product evaluation. Journal of Marketing Research 28 (3), 307 -319. Giovani Antania Hanjani, A. W., 2019. Consumer Purchase Intention: The Effect of Green Brand and Green Knowledge on Indonesian. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis, III(1), pp. 39-50. Jogiyanto, H.M. (2008). Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Cv Andi Offset. Naufaldi, I. & Tjokrosaputro, M. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, dan Trust terhadap Intention To Use. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume II No. 3. Nur Widyawati, N. W., DA Arisanti, D., Fauziyyah, H. B., Aris Dwi Kurniawan, A. D. K., & Lutfi Bayu Abadi, L. B. A. (2023). Factors Affecting Purchase Intention on Fashion Products. International Journal of entrepreneuurship and Business Development, 6(03), 552-559. Schiffman, L.G., Kanuk, LL, 2007. Consumer Behaviour, ninth ed. Prentice -Hall Inc, NJ. Wicaksono, S.R., 2021. Teori Dasar Technology Acceptance Model. Malang : CV. Seribu Bintang. Widyawati, N., Mahriani, E., Yudawisastra, H. G., Zulfikar, R., Bagenda, C., Aziz, L. H., ... & Setianingsih, R. E. (2023). Pengantar Administrasi Bisnis. Setiawati, A. P., & Mahmudah, D. S. (2023). ANALISIS PENGARUH FAKTOR PERCEIVED USEFULLNESS, EASE OF USE DAN SIKAP TERHADAP NIAT PENGGUNAAN SOFTWARE ZAHIR ACCOUNTING. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(2), 38-44. Wijayanto, A., Winarni, E., & Mahmudah, D. S. (2021). Pengaruh Penerapan Akuntansi Lingkungan. Yos Soedarso Economics Journal, 3(1), 99-136. Rahman, M. A. (2023). PENGARUH KONFLIK KERJA, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan Di Universitas Yos Soedarso). Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(2), 13-37. Rochmatulaili, E., Suyanto, S., & Rahman, M. A. (2021). PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN UMKM FOOD COURT. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 3(1), 75-98.