Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Pada Toko Roti di Surabaya
Abstract
Pengertian dari perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan individu yang secara langsungterlibat dalam usaha memperoleh dan menggunkakan barang-barang dan jasa ekonomis, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut. Kelangsungan hidup suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh adanya peran konsumen, sehingga masalah konsumen mendapat perhatian khusus, dan perusahaan berusaha untuk dapat mencapai serta memuaskan konsumen atau pasar sasarannya.Perilaku konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor intern maupun ekstern, yang keduanya sangat berpengaruh pada konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen terhadap faktor-faktor yang paling mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian dan pemesanan di Toko Roti Pioneer Surabaya serta mengetahui faktor mana yang paling berpengaruh pada konsumen di antara keempat faktor pembelian yang ada (harga, kelengkapan jenis kue, cita rasa kue, dan pelayanan).Pada pelaksanakan penelitian ini, penulis memberikan kuesioner kepada responden yang berjumlah 100 orang, di mana keseluruhan responden adalah konsumen dari toko roti Pioneer Surabaya . Dalam kuesioner tersebut responden diberikan pertanyaan dan pilihan jawaban beserta alasannya, yang meliputi karakteristik konsumen, variabel pembelian yang paling berpengaruh, serta frekuensi konsumen dalam melakukan pemesanan kue taart dan pembelian produk-produk toko roti Pioneer Surabaya.Dari hasil survey responden, penulis dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa variabel pembelian yang ada pada toko roti Pioneer Surabaya sudah baik, yang berarti konsumen mampu menerima, kecuali pada pelayanan wiraniaga dari toko roti Pioneer Surabaya. Sebagian besar dari responden berpendapat bahwa pelayanan dari wiraniaga toko roti Pioneer Surabaya tidak baik, dalam arti kurang ramah kepada konsumen / pelanggan. Hal ini dapat dijadikan sebagai kritik dan masukan bagi toko roti Pioneer Surabaya unuk memperbaiki kualitas sumber daya manusianya, terutama dalam memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen / pelanggan.Penulis juga memberikan bebrapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan bagi toko roti Pioneer Surabaya dalam menghadapai persaingan usaha sejenis yang semakin ketat, khususnya di kota Surabaya.Kata Kunci : Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Pada Toko RotiÂReferences
AA. Anwar Prabu Mangkunegara, Perilaku Konsumen, Bandung, PT. Eresco, 1988.
Alex S. Nitisemito, Marketing, Jakarta, Ghalia Indonesia,1981.
Basu Swastha DH, Azas-azas Marketing, Yogyakarta, Liberty, 1984.
Basu Swastha DH dan T. Hani Handoko, Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta, Liberty, 1987.
Dr. M. Suparmoko, MA, Metode Penelitian Praktis, BPFE Yogyakarta, 1991.
William J. Stanton, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta, Erlangga, 1985, Jilid 1.
Downloads
Published
2020-12-31
How to Cite
Budiyanto, E., & Novita Dwi Indriyani. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Pada Toko Roti di Surabaya. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 2(3), 56–62. Retrieved from https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/view/YEJ-2306
Issue
Section
Original Research