PENGARUH PELAYANAN DAN PROSEDUR PERBANKAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PINJAMAN PADA BPR NAGA MULYA DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan prosedur perbankan terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada bpr naga mulya Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah yang mengambil kredit pada BPR Naga Mulya Surabaya yang berjumlah 11.517 orang, Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel 240 responden.Variabel dalam penelitian ini adalah Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit (Y), Pelayanan (X1) dan Prosedur Kredit (X2). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji validitas instrumen menggunakan teknik product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas.Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan (1) Pengaruh positif Citra Perbankan terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit pada Bpr Naga Mulya Surabaya dengan R=0,036 dan nilai R2=0,001, (2) Pengaruh positif Citra Perbankan terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit dengan Pelayanan sebagai Variabel Moderasi pada PD BPR Bank SIDOARJO dengan R=0,041 dan nilai R2=0,002, (3) Pengaruh positif Citra Perbankan terhadap Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit dengan Prosedur Kredit sebagai Variabel Moderasi pada Bpr Naga Mulya Surabaya R=0,090 dan nilai R2=0,008.Kata Kunci : Keputusan Nasabah dalam Mengambil Kredit; Pelayanan; Prosedur Kredit.References
Engel, James F, 1994, “Perilaku Konsumen Jilid 1â€, Jakarta: Binarupa Aksara.
Ghozali, Imam. 2003. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€.
Jurusan Manajemen Perhotelan, 2007, “Analisa Kualitas Layanan Sebagai Pengukur Loyalitas Pelanggan Hotel Majapahit Surabaya Dengan
PemasaranRelasionalSebagaiVariabelInterveningâ€,http://www.petra.ac.id/~puslit/journals,FakultasEkonomiUniversitasKristen Petra
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta
Keputusan Menparpostel Nomor KM 37/PW. 340/MPRT-86. www.cari-pdf.com Kotler, Philip, 2005, “Manajemen Pemasaranâ€. Jilid I, Jakarta : Indeks
---------------, 2005, “Manajemen Pemasaranâ€. Jilid II, Jakarta : Indeks. Lukasyanti, Dewi, 2006, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Lupiyoadi, Rambat & A Hamdani, 2006. “Manajemen Pemasaran Jasaâ€. Jakarta :Salemba Empat
Lupiyohadi, Rambat, 2001 “Manajemen pemasaran jasa teori dan praktikâ€, Salemba Empat, Jakarta.
Sulastiyono, Agus, 2006. “Manajemen Penyelenggaraan Hotelâ€. Bandung ; Alfabeta
Suwiti, Ni Wayan dan Cecil Irwin Jr. Boham, 2008,†Akomodasi Perhotelanâ€.Jilid III, PT Macanan Jaya Cemerlang, Klaten.
Swasta, Basu dan T Hani Handoko, 1987, “Manajemen Pemasaranâ€, Liberty, Yogyakarta.
Swasta, Basu, 2009,†Azas-Azas Marketingâ€, Yogyakrta : Liberty.
Tjiptono, Fandy, 2004,†Manajemen Jasaâ€, Andy Offset, Yogyakarta.
Zeithaml L, Valerie A; A. Parasuraman; Leonardo L. Berry, 1998, “Servqual a multiple-item scale for measuring consumer perception of service qualityâ€. Journal of Retailing, Vol. 64, no. 1, pp 12-37.