Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Budaya Organisasi, Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial
Keywords:
total quality management, budaya organisasi, sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan dan kinerja manajerialAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh total quality management, budaya organisasi, sistem pengukuran kinerja, dan sistem penghargaan terhadap kinerja manajerial. Studi ini melibatkan semua kepala atau manajer BUMD di Kabupaten Bangkalan, termasuk manajer tingkat atas, menengah, serta bawah. Metode purposive sampling dipakai untuk memilih sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 47 manajer atau kepala BUMD Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian ini ialah kuantitatif dan pengujian hipotesis memakai analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian mengindikasikan jika TQM, budaya organisasi, sistem pengukuran kinerja, dan sistem penghargaan memengaruhi kinerja manajemen dengan signifikan.References
Anggraeni, Y. (2010). Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM), Sistem Pengukuran KInerja, dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada PT Ka (Persero) DAOP IX Jember). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Antari, L. P. R., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh total quality management terhadap kinerja perusahaan PT. Pos Indonesia (Persero) Denpasar 80000. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 4058–4072. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i9.1559
Arumbika, N. (2012). Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM), Budaya Organisasi, serta insentif Terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada PT Prudential Life Assurance cabang Jember). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Jember, 4(1), 88–100.
Cahyati, R. A. D. (2013). Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Sistem Penghargaan (Reward) dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur APJ Ex-Karisidenan Besuki).
Dauhan, J. (2013). Total Quality Management, Budaya Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Manajerial Pt. Pln Area Suluttenggo Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 2097–2106.
Hidayati, D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Situasional, Sistem Pengukuran Kinerja, Dan Penerapan Teknik Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajeria. Psikologi Perkembangan, 16(1), 66–78.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi serta manajemen (Edisi Pert). BPFE-Yogyakarta.
Kurnianingsih, R., & Indriantoro, N. (2001). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Management. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol 4 (1), 28–41.
Laiya, R. A. R., Jan, A. H., & Pondaag, J. (2018). Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2658–2667.
Marpaung, S. R. N., Hizazi, A., & Wiralestari. (2022). Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (Reward) sebagai variable Moderating (Studi empiris pada Hotel di Indonesia). Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(1), 137–148.
Mintje, N. (2013). Pengaruh Tqm, Sistem Penghargaan Dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial Pada Pt. Air Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 52–62.
Munizu, M. (2010). Praktik Total Quality Management (TQM) Serta dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Telkom Tbk. Cabang Makassar). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2), pp.185-194. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/18176
Narsa, I. M., & Yuniawati, R. D. (2003). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Studi Empiris pada PT. Telkom Divre V Surabaya. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 18–34. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/aku/article/view/15698
Pratiwi, A. (2019). Pengaruh Total Quality Management, Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia di Kota Jambi). Journal of Applied Managerial Accounting, 3(2), 300–310. https://doi.org/10.30871/jama.v3i2.1450
Rachmawati, A. R. (2009). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan, dan Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada PT. Kimia Farma Apotek Unit Bisnis Surabaya). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Parametrik. PT. Elex Media Komputindo.
Swari, N. P. L. R. I., & Wirasedana, I. W. P. (2017). Pengaruh Sistem Penghargaan, Total Quality Management ( TQM ), Sistem Pengukuran Kinerja, Serta manajerial. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(1), 830–856.
Uha, I. N. (2015). Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Kinerja Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.