PENGARUH MARKETING COMMUNICATION, EXPERIENTIAL MARKETING, DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA PT. ANDALAN PACIFIC SAMUDRA

Authors

  • Rizky Agus Putra Pratama STIA dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati, Surabaya, Indonesia
  • Indriana Kristiawati STIA dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Marketing Communication; Experiential Marketing; Customer Trust; Customer Loyalty.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Communication, Experiential Marketing Dan Customer Trust Terhadap Customer Loyalty Pada PT. Andalan Pacific Samudra. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kausal dengan metode penelitian kuantitatif dan teknik analisis data menggunaka regresi linear berganda.. Populasi dalam penelitian yaitu 32 pelanggan pada PT. Andalan Pacific Samudra. Menggunakan teknik sample jenuh atau sensus dengan demikian jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 32 responden diambil dari seluruh populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)  marketing  communication  berpengaruh positif  terhadap customer loyalty. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar 2,467 > 2,045 serta nilai Sig, 002 < 0,05; (2) experiential marketing tidak berpengaruh terhadap customer loyalty. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar 0,956 < 2,045 serta nilai Sig. 0,347 > 0,005; (3)  customer trust berpengaruh terhadap customer loyalty. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar 2,379 > 2,045 serta nilai Sig. 0,024 <  0,05.

References

Daengs, A ., Istanti. E ., Kristiawati. I. 2022. Peran Timelimenes Dalam Meningkatkan Customer

Satisfaction, Customer Loyalty PT. JNE. Jurnal Baruna Horizon Vol. 5, No. 1 Juni 2022

Deng, Z., Lu, Y., Wei, K.K., & Zahng, J. 2010. Understanding Customer Satisfaction and Loyalty: An Empirical Study of Mobile Instant Messages in Chine. International Journal of Information Management, 30(4), 289-300

Ferdinand. A. 2014. Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen (5th ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan

Penerbit Universtitas Diponegoro

Hendayana. Y & Solichati. U. 2021. Pengaruh Experiential Marketing dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Marketplace Shopee di Kota Bekasi. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi

Kartajaya, H. 2010. Connect-Surfing New Wave Marketing. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler, P., & Amstrong, G. 2012. principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Management (14th ed). New Jersey: Prentice Hall

Kristiawati, I., Kalangi, M. H. E., & Utomo, U. (2023). Mediating Role of Corporate Image in the Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction: A Study of PT. Pelindo Energi Logistik. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 18(3).

Kurniawan. A, Mudayat & Prastyorini, J. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone OPPO Pada PT. World Innovative Telecommunication. Skripsi.

Kustini. 2007. penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vo. 7. No.2. UPN "Veteran" Jawa Timur

Leinkumar, V. 2017. The relationship between customer satisfaction and customer trust on customer loyalty, dalam International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences Vol. 7, No. 4

Marakanon, L & Panjakajornsak, V. 2017. Perceived quality, perceived risk and customer trust affecting customer loyalty of environmentally friendly electronics products. Kasetsart Journal of Social Sciences

Mudayat. 2021. The Influence of Customer Satisfaction and Service Quality Towards Customer Loyalty in PT. Mitra Andalan Trans Anugerah. International Journal of Entrepreneurship and Business Development, Volume 04 Number 03 May 2021.

Nurrohman, M. 2013. Pengaruh Trust in a Brand Terhadap Brand Loyalty Produk Air Minum Aqua Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Medan

Nur Widyawati, N. W., DA Arisanti, D., Fauziyyah, H. B., Aris Dwi Kurniawan, A. D. K., & Lutfi Bayu Abadi, L. B. A. (2023). Factors Affecting Purchase Intention on Fashion Products. International Journal of entrepreneuurship and Business Development, 6(03), 552-559.

Prasaranphanic. 2007. Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya

Priansa, D. J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial, Edisi Pertama. CV. Pustaka Setia

Rahmayani. M.W & Riyadi. W. 2023. Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty (Studi Pada Konsumen Produk Wardah di Kecamatan Talaga). Entrepreneur : Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 4 No. 1 Tahun 2023

Rahmi. HO., dkk. 2018. Pengaruh Experiential Marketing dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. PAL Indonesia. MAP (Junal Manajemen dan Administrasi Publik)

Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Shaleha. M. 2020. Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan PT. Natural Nusantara Di Kabupaten Semarang. Skripsi diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Silalahi, U. 2012. Metode penelitian social. Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Suryati, L. 2015. Manajemen Pemasaran; Meningkatkan loyalitas pelanggan (Pertama). Deepublish

Susanti. A., dkk. 2021. Pengaruh Experiential Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 4 No. 1 Januari 2021

Widyawati, N., Mahriani, E., Yudawisastra, H. G., Zulfikar, R., Bagenda, C., Aziz, L. H., ... & Setianingsih, R. E. (2023). Pengantar Administrasi Bisnis.

Wijayanto, A., Winarni, E., & Mahmudah, D. S. (2021). Pengaruh Penerapan Akuntansi Lingkungan. Yos Soedarso Economics Journal, 3(1), 99-136.

Setiawati, A. P., & Mahmudah, D. S. (2023). ANALISIS PENGARUH FAKTOR PERCEIVED USEFULLNESS, EASE OF USE DAN SIKAP TERHADAP NIAT PENGGUNAAN SOFTWARE ZAHIR ACCOUNTING. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(2), 38-44.

Rochmatulaili, E., Suyanto, S., & Rahman, M. A. (2021). PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN UMKM FOOD COURT. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 3(1), 75-98.

Rahman, M. A. (2023). PENGARUH KONFLIK KERJA, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan Di Universitas Yos Soedarso). Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(2), 13-37.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Rizky Agus Putra Pratama, & Indriana Kristiawati. (2023). PENGARUH MARKETING COMMUNICATION, EXPERIENTIAL MARKETING, DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA PT. ANDALAN PACIFIC SAMUDRA. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(3), 52–69. Retrieved from https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/view/yej5306

Issue

Section

Original Research