PENGARUH MARKETING COMMUNICATION, EXPERIENTIAL MARKETING, DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA PT. ANDALAN PACIFIC SAMUDRA
Keywords:
Marketing Communication; Experiential Marketing; Customer Trust; Customer Loyalty.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Communication, Experiential Marketing Dan Customer Trust Terhadap Customer Loyalty Pada PT. Andalan Pacific Samudra. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kausal dengan metode penelitian kuantitatif dan teknik analisis data menggunaka regresi linear berganda.. Populasi dalam penelitian yaitu 32 pelanggan pada PT. Andalan Pacific Samudra. Menggunakan teknik sample jenuh atau sensus dengan demikian jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 32 responden diambil dari seluruh populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) marketing communication berpengaruh positif terhadap customer loyalty. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar 2,467 > 2,045 serta nilai Sig, 002 < 0,05; (2) experiential marketing tidak berpengaruh terhadap customer loyalty. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar 0,956 < 2,045 serta nilai Sig. 0,347 > 0,005; (3) customer trust berpengaruh terhadap customer loyalty. Hal tersebut dibuktikan pada Uji Parsial (Uji T) sebesar 2,379 > 2,045 serta nilai Sig. 0,024 < 0,05.References
Daengs, A ., Istanti. E ., Kristiawati. I. 2022. Peran Timelimenes Dalam Meningkatkan Customer
Satisfaction, Customer Loyalty PT. JNE. Jurnal Baruna Horizon Vol. 5, No. 1 Juni 2022
Deng, Z., Lu, Y., Wei, K.K., & Zahng, J. 2010. Understanding Customer Satisfaction and Loyalty: An Empirical Study of Mobile Instant Messages in Chine. International Journal of Information Management, 30(4), 289-300
Ferdinand. A. 2014. Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen (5th ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan
Penerbit Universtitas Diponegoro
Hendayana. Y & Solichati. U. 2021. Pengaruh Experiential Marketing dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Marketplace Shopee di Kota Bekasi. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi
Kartajaya, H. 2010. Connect-Surfing New Wave Marketing. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama
Kotler, P., & Amstrong, G. 2012. principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall
Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Management (14th ed). New Jersey: Prentice Hall
Kristiawati, I., Kalangi, M. H. E., & Utomo, U. (2023). Mediating Role of Corporate Image in the Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction: A Study of PT. Pelindo Energi Logistik. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 18(3).
Kurniawan. A, Mudayat & Prastyorini, J. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone OPPO Pada PT. World Innovative Telecommunication. Skripsi.
Kustini. 2007. penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vo. 7. No.2. UPN "Veteran" Jawa Timur
Leinkumar, V. 2017. The relationship between customer satisfaction and customer trust on customer loyalty, dalam International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences Vol. 7, No. 4
Marakanon, L & Panjakajornsak, V. 2017. Perceived quality, perceived risk and customer trust affecting customer loyalty of environmentally friendly electronics products. Kasetsart Journal of Social Sciences
Mudayat. 2021. The Influence of Customer Satisfaction and Service Quality Towards Customer Loyalty in PT. Mitra Andalan Trans Anugerah. International Journal of Entrepreneurship and Business Development, Volume 04 Number 03 May 2021.
Nurrohman, M. 2013. Pengaruh Trust in a Brand Terhadap Brand Loyalty Produk Air Minum Aqua Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Medan
Nur Widyawati, N. W., DA Arisanti, D., Fauziyyah, H. B., Aris Dwi Kurniawan, A. D. K., & Lutfi Bayu Abadi, L. B. A. (2023). Factors Affecting Purchase Intention on Fashion Products. International Journal of entrepreneuurship and Business Development, 6(03), 552-559.
Prasaranphanic. 2007. Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
Priansa, D. J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial, Edisi Pertama. CV. Pustaka Setia
Rahmayani. M.W & Riyadi. W. 2023. Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty (Studi Pada Konsumen Produk Wardah di Kecamatan Talaga). Entrepreneur : Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 4 No. 1 Tahun 2023
Rahmi. HO., dkk. 2018. Pengaruh Experiential Marketing dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. PAL Indonesia. MAP (Junal Manajemen dan Administrasi Publik)
Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Shaleha. M. 2020. Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan PT. Natural Nusantara Di Kabupaten Semarang. Skripsi diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Silalahi, U. 2012. Metode penelitian social. Bandung: Refika Aditama
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Suryati, L. 2015. Manajemen Pemasaran; Meningkatkan loyalitas pelanggan (Pertama). Deepublish
Susanti. A., dkk. 2021. Pengaruh Experiential Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Yogyakarta). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 4 No. 1 Januari 2021
Widyawati, N., Mahriani, E., Yudawisastra, H. G., Zulfikar, R., Bagenda, C., Aziz, L. H., ... & Setianingsih, R. E. (2023). Pengantar Administrasi Bisnis.
Wijayanto, A., Winarni, E., & Mahmudah, D. S. (2021). Pengaruh Penerapan Akuntansi Lingkungan. Yos Soedarso Economics Journal, 3(1), 99-136.
Setiawati, A. P., & Mahmudah, D. S. (2023). ANALISIS PENGARUH FAKTOR PERCEIVED USEFULLNESS, EASE OF USE DAN SIKAP TERHADAP NIAT PENGGUNAAN SOFTWARE ZAHIR ACCOUNTING. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(2), 38-44.
Rochmatulaili, E., Suyanto, S., & Rahman, M. A. (2021). PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN UMKM FOOD COURT. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 3(1), 75-98.
Rahman, M. A. (2023). PENGARUH KONFLIK KERJA, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan Di Universitas Yos Soedarso). Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 5(2), 13-37.