Review Jurnal Mengenai Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) Pada Teknologi Informasi Dalam Pendidikan

Penulis

  • Luhfita Tirta Swarga Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Yos Soedarso Surabaya, Indonesia
  • Ilima Sandi Pratama

Kata Kunci:

Etika, Kecerdasan Buatan (AI), Teknologi Informasi, Pedoman Etis

Abstrak

Kecerdasan buatan menjadi bagian dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam dekade terakhir. Di era 4.0, machine learning dan kecerdasan buatan mengambil alih tugas manusia sebagai pengendali sistem. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai bagaimana etika berperan dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam konteks teknologi informasi. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari penggunaan kecerdasan buatan pada teknologi informasi dalam Pendidikan serta untuk memberikan pedoman etis yang dapat membantu pengambilan keputusan yang bertanggung jawab dalam pengembangan kecerdasan buatan. Dengan metode studi literatur, penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa kehidupan manusia telah diuntungkan oleh kecerdasan buatan. Namun, kecerdasan buatan juga memberikan dampak negatif. Ketika kecerdasan buatan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi hidup manusia, pertimbangan etika menjadi semakin penting. Dalam situasi seperti ini, sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi data serta memastikan bahwa penggunaan kecerdasan buatan tidak melanggar hak asasi manusia.

File Tambahan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Tirta Swarga, L., & Sandi Pratama, I. (2024). Review Jurnal Mengenai Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) Pada Teknologi Informasi Dalam Pendidikan. Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA), 1(1), 9–15. Diambil dari https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/394

Terbitan

Bagian

Articles