Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA) https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server <p><sub><strong>Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA) </strong>adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Teknik Informatika pada Fakultas Teknik Universitas Yos Soedarso dengan <strong>ISSN</strong> (Online): <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2503-2933">xxxx - xxxx</a>. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dengan topik-topik penelitian yang berasal dalam cakupan rumpun ilmu <strong>Informatika dan Komputer.</strong></sub></p> id-ID nia.nurkurnia91@gmail.com (Nur Kurniasari) nia.nurkurnia91@gmail.com (Nur Kurniasari) Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Jurnal Review : Subtitle Generation Pada Video Movie https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/360 <p>Video merupakan salah satu multimedia yang paling populer yang sering digunakan oleh masyarakat . jadi sangat penting untuk membuat infromasi yang dicakup dalam bentuk suara dalam video yang dapat dipahami oleh masyarakat umum. Sehingga cara yang paling alami terletak pada penggunaan teks terjemahan dilayar bawah video. Oleh karena itu penting untuk meneliti subtitle generation. Dari riset ini telah ditemukan bahwa dalam konteks subtitle generation antara Hesham dan Sridhar metode yang paling bagus adalah Hybrid dari peneliti [Sridhar, et al], dibandingkan dengan metode S-Trailer dari peneliti [Hesham, et al]. selain itu, ada penelitian lain yang juga membuktikan bahwa metode Latent Semantic Analysis (LSA) juga bisa digunakan untuk subtitle generation.</p> Luhfita Tirta Swarga, Nur Kurniasari, Adithya Marhaendra Kusuma Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA) https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/360 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 Review Jurnal Mengenai Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) Pada Teknologi Informasi Dalam Pendidikan https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/394 <p>Kecerdasan buatan menjadi bagian dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam dekade terakhir. Di era 4.0, machine learning dan kecerdasan buatan mengambil alih tugas manusia sebagai pengendali sistem. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai bagaimana etika berperan dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam konteks teknologi informasi. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari penggunaan kecerdasan buatan pada teknologi informasi dalam Pendidikan serta untuk memberikan pedoman etis yang dapat membantu pengambilan keputusan yang bertanggung jawab dalam pengembangan kecerdasan buatan. Dengan metode studi literatur, penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa kehidupan manusia telah diuntungkan oleh kecerdasan buatan. Namun, kecerdasan buatan juga memberikan dampak negatif. Ketika kecerdasan buatan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi hidup manusia, pertimbangan etika menjadi semakin penting. Dalam situasi seperti ini, sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi data serta memastikan bahwa penggunaan kecerdasan buatan tidak melanggar hak asasi manusia.</p> Luhfita Tirta Swarga, Ilima Sandi Pratama Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA) https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/394 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 Review Jurnal Mengenai Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan di Industri https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/395 <p><em>Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) telah berkembang pesat dalam berbagai sektor industri, termasuk di bidang pengambilan keputusan. Dengan kemampuannya untuk menganalisis data dalam jumlah besar, mengenali pola, dan memberikan rekomendasi yang lebih cepat dan akurat, AI membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan berbasis data. Jurnal ini mengulas penerapan AI dalam proses pengambilan keputusan di industri, keuntungan yang diperoleh, serta tantangan yang dihadapi. Studi kasus yang dibahas meliputi sektor manufaktur, keuangan, dan logistik, serta tren masa depan yang dapat memengaruhi industri secara keseluruhan.</em></p> Nur Kurniasari, Luhfita Tirta Swarga, Dimas Putra Prayoga Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA) https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/395 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 Algoritma Pengolahan Citra Untuk Deteksi Varian Roti Uenak Dengan Image Processing https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/396 <p>Pendektesian varian pada produk roti Uenak merupakan aspek penting dalam industri distribusi dan perdagangan, yang dapat meningkatkan efisiensi proses sortasi dan pengepakan. Image processing, sebagai bagian dari teknologi pengolahan citra, menawarkan solusi yang efektif dan efisien untuk mendeteksi jenis dan varian roti Uenak secara otomatis. Artikel ini membahas berbagai teknik image processing yang digunakan untuk mendeteksi varian pada roti Uenak, termasuk preprocessing, segmentasi, ekstraksi fitur, dan klasifikasi. Implementasi teknik-teknik ini menunjukkan bahwa metode image processing dapat secara akurat mengidentifikasi varian roti, sehingga meningkatkan kualitas kontrol, efisiensi operasional, dan konsistensi produk.</p> Adithya Marhaendra kusuma Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA) https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/396 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 Review Jurnal: Tentang Kepuasan Pelanggan Dengan pendekatan Kualitas jasa (Service Quality) Pada Pelayanan Rumah Sakit https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/399 <p>Pelayanan kesehatan sangat memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya, setiap badan pelayanan kesehatan harus dapat memahami dan memenuhi harapan yang diinginkan oleh pengguna jasa (konsumen) secara konsisten. Metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan adalah metode <em>Servis Quality (Servqual)</em>. Dengan analisa Service Quality, Perusahaan akan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan hingga menaikan brand rumah sakit. Untuk menghitung kepuasaan pelanggan dilakukan banyak cara seperti Recommendation System, metode statistik, analisis varians <em>(ANOVA)</em>, dan algoritma K-means</p> nova tampati, Dimas Putra Prayoga Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA) https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/399 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800