https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/issue/feedJurnal Teknik Informatika (JUNIKA)2024-11-29T15:11:20+08:00Nur Kurniasarinia.nurkurnia91@gmail.comOpen Journal Systems<p><sub><strong>Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA) </strong>adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Teknik Informatika pada Fakultas Teknik Universitas Yos Soedarso dengan <strong>ISSN</strong> (Online): <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2503-2933">xxxx - xxxx</a>. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dengan topik-topik penelitian yang berasal dalam cakupan rumpun ilmu <strong>Informatika dan Komputer.</strong></sub></p>https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/360Jurnal Review : Subtitle Generation Pada Video Movie 2024-10-25T12:20:51+08:00Luhfita Tirta Swargaluhfitatirta@gmail.comNur Kurniasarinurkurniasari.nia@gmail.comAdithya Marhaendra Kusumaadit.marhaendra@gmail.com<p>Video merupakan salah satu multimedia yang paling populer yang sering digunakan oleh masyarakat . jadi sangat penting untuk membuat infromasi yang dicakup dalam bentuk suara dalam video yang dapat dipahami oleh masyarakat umum. Sehingga cara yang paling alami terletak pada penggunaan teks terjemahan dilayar bawah video. Oleh karena itu penting untuk meneliti subtitle generation. Dari riset ini telah ditemukan bahwa dalam konteks subtitle generation antara Hesham dan Sridhar metode yang paling bagus adalah Hybrid dari peneliti [Sridhar, et al], dibandingkan dengan metode S-Trailer dari peneliti [Hesham, et al]. selain itu, ada penelitian lain yang juga membuktikan bahwa metode Latent Semantic Analysis (LSA) juga bisa digunakan untuk subtitle generation.</p>2024-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA)https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/394Review Jurnal Mengenai Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) Pada Teknologi Informasi Dalam Pendidikan2024-11-28T17:45:03+08:00Luhfita Tirta Swargaluhfitatirta@gmail.comIlima Sandi Pratamapemimpi15sp@gmail.com<p>Kecerdasan buatan menjadi bagian dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam dekade terakhir. Di era 4.0, machine learning dan kecerdasan buatan mengambil alih tugas manusia sebagai pengendali sistem. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai bagaimana etika berperan dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam konteks teknologi informasi. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari penggunaan kecerdasan buatan pada teknologi informasi dalam Pendidikan serta untuk memberikan pedoman etis yang dapat membantu pengambilan keputusan yang bertanggung jawab dalam pengembangan kecerdasan buatan. Dengan metode studi literatur, penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa kehidupan manusia telah diuntungkan oleh kecerdasan buatan. Namun, kecerdasan buatan juga memberikan dampak negatif. Ketika kecerdasan buatan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi hidup manusia, pertimbangan etika menjadi semakin penting. Dalam situasi seperti ini, sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi data serta memastikan bahwa penggunaan kecerdasan buatan tidak melanggar hak asasi manusia.</p>2024-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA)https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/395Review Jurnal Mengenai Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan di Industri 2024-11-28T21:23:45+08:00Nur Kurniasarinia.nurkurnia91@gmail.comLuhfita Tirta Swargaluhfitatirta@gmail.comDimas Putra Prayogadimasputra210417@gmail.com<p><em>Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) telah berkembang pesat dalam berbagai sektor industri, termasuk di bidang pengambilan keputusan. Dengan kemampuannya untuk menganalisis data dalam jumlah besar, mengenali pola, dan memberikan rekomendasi yang lebih cepat dan akurat, AI membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan berbasis data. Jurnal ini mengulas penerapan AI dalam proses pengambilan keputusan di industri, keuntungan yang diperoleh, serta tantangan yang dihadapi. Studi kasus yang dibahas meliputi sektor manufaktur, keuangan, dan logistik, serta tren masa depan yang dapat memengaruhi industri secara keseluruhan.</em></p>2024-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA)https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/396Algoritma Pengolahan Citra Untuk Deteksi Varian Roti Uenak Dengan Image Processing2024-11-29T11:15:52+08:00Adithya Marhaendra kusumaadit.marhaendra@gmail.com<p>Pendektesian varian pada produk roti Uenak merupakan aspek penting dalam industri distribusi dan perdagangan, yang dapat meningkatkan efisiensi proses sortasi dan pengepakan. Image processing, sebagai bagian dari teknologi pengolahan citra, menawarkan solusi yang efektif dan efisien untuk mendeteksi jenis dan varian roti Uenak secara otomatis. Artikel ini membahas berbagai teknik image processing yang digunakan untuk mendeteksi varian pada roti Uenak, termasuk preprocessing, segmentasi, ekstraksi fitur, dan klasifikasi. Implementasi teknik-teknik ini menunjukkan bahwa metode image processing dapat secara akurat mengidentifikasi varian roti, sehingga meningkatkan kualitas kontrol, efisiensi operasional, dan konsistensi produk.</p>2024-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA)https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/yij-server/article/view/399Review Jurnal: Tentang Kepuasan Pelanggan Dengan pendekatan Kualitas jasa (Service Quality) Pada Pelayanan Rumah Sakit2024-11-29T15:11:20+08:00nova tampatinova.tampati@gmail.comDimas Putra Prayogadimasputra210417@gmail.com<p>Pelayanan kesehatan sangat memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya, setiap badan pelayanan kesehatan harus dapat memahami dan memenuhi harapan yang diinginkan oleh pengguna jasa (konsumen) secara konsisten. Metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan adalah metode <em>Servis Quality (Servqual)</em>. Dengan analisa Service Quality, Perusahaan akan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan hingga menaikan brand rumah sakit. Untuk menghitung kepuasaan pelanggan dilakukan banyak cara seperti Recommendation System, metode statistik, analisis varians <em>(ANOVA)</em>, dan algoritma K-means</p>2024-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika (JUNIKA)